DAMPAK POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT

         Kehidupan manusia di era ini memang tidak dapat dilepaskan dari teknologi. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia erat kaitannya dengan teknologi. Mulai dari bangun tidur, beraktivitas hingga tidur lagi. Semuanya berhubungan dengan teknologi. Perkembangan teknologi di era ini amatlah pesat diantaranya dalam bidang industri dan komunikasi. Sehingga timbul efek terhadap budaya kehidupan manusia yang signifikan dari pengaruh positif yang menguntungkan, sampai pengaruh negatif yang merusak moral. Teknologi berasal dari kata teknik dan higos (teknologi berarti ilmu tentang teknik). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan, teknik adalah cara pengetahuan untuk membuat atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan produksi. Menurut Koentjaraningrat, teknologi merupakan satu dari ketujuh unsur budaya yang universal, yaitu sistem peralatan hidup. Budaya atau kebudayaan juga bisa dikatakan sebagai kerangka acuan perilaku kehidupan bagi masyarakat pendukungnya berupa nilai-nilai kebenaran, keindahan, keadilan ,kemanusiaan, kebijaksanaan dan lain-lainnya yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari pilihan warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan. Teknologi dimanfaatkan manusia untuk memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di berbagai hal. Dengan teknologi segalanya menjadi lebih mudah dan produktif. Tak hanya itu, dengan teknologi manusia dapat mengefektifkan serta mengefisienkan waktu, tenaga serta biaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi, sudah bukan hal yang tabu lagi jika manusia zaman sekarang menginginkan segalanya serba instan. Inti dari teknologi adalah media. Semua media yang dapat memudahkan manusia dalam mengerjakan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dikatakan teknologi. Ya, itulah makna hal dari teknologi yang paling penting, media atau produk teknologi. Bagaimana media tersebut dapat dijalankan atau dimanfaatkan seoptimal mungkin dengan pengoperasian yang mudah untuk menghasilkan produk yang sebaik mungkin dan memerlukan waktu, tenaga dan biaya seminim mungkin.
           Dalam kehidupan masyarakat, kadang-kadang unsur baru dengan unsur-unsur lama bertentangan, sehingga penyebaran ide-ide baru kepada masyarakat dalam konteks perubahan sosial budaya hendaknya melalui tiga tahapan:
           Invensi yaitu proses ketika ide-ide baru diciptakan /dikembangkan. Invensi atau penemuan baru biasanya berkaitan dengan pembaharuan kebudayaan yang khusus mengenai teknologi dan ekonomi. Difusi yaitu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dan sejarah ke seluruh dunia bersamaan dengan penyebaran dan migrasi kelompok-kelompok manusia di muka bumi. Konsekuensi yaitu perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem sosial. Setiap perubahan akan memberikan dampak positif namun apabila yang terjadi hanya sedikit / bahkan tidak memberikan manfaat bagi masyarakat maka disebut disorganisasi. Perubahan sosial itu berlangsung selama manusia hidup dan bersosialisasi meskipun perubahan itu ada yang berdampak positif dan negatif pada kehidupan masyarakat.

 -Dampak positif:
            Munculnya nilai dan norma baru yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman

-Dampak negatif:
            Konsumerisme artinya sikap masyarakat yang cenderung untuk memiliki dan memakai benda-benda yang dianggap bernilai demi mendapatkan prestise tertentu. Keresahan sosial artinya rasa cemas dan takut pada masyarakat yang menyebabkan hilangnya ketentraman dalam masyarakat. Ketidakmerataan pembangunan antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Gangguan hubungan sosial, misalnya pudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat. Contoh kasus dampak negative penggunaan gedget bisa membuat orang lupa dengan tugasnya .membuat pola pikir orang jadi berubah ,teknologi mebuat manusia jadi malas ,budaya mereka jadi berubah mengikuti perubahan jaman dan gedget membuat yang dekat menjadi jauh dan yang jauh menjadi dekat.
            Dalam bidang sosial budaya, perkembangan teknologi informasi mempengaruhi proses komunikasi antarorang yang biasanya berkomunikasi melalui surat menyurat dalam kotak pos, dengan adanya teknologi yang menciptakan gawai, mampu membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan praktis, dapat dilakukan kapan pun dan dimanapun. Adanya teknologi juga berpengaruh pada pola piker masyarakat yang semula memiliki minset yang cenderung tradisional dan primer, menjadi masyarakat yang memiliki pola pikir modern.

Komentar